Pelatihan Pengelolaan Sosial Media oleh Politeknik Internasional Bali

Desa Wisata Bongan merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Desa Bongan saat ini masih berada pada tahap pengembangan. Beragam potensi wisata dimiliki oleh desa yang terletak berdekatan dengan Ibu Kota Tabanan ini, seperti potensi wisata berupa alam, budaya, hingga kuliner yang khas. Potensi wisata berupa alam yang ada di desa wisata ini berupa landsekap persawahan khas Bali dan air terjun. Sedangkan potensi budaya di Desa Wisata Bongan berupa Situs Kebo Iwa yang memiliki nilai historis yang tinggi. Tidak ketinggalan potensi kuliner yang berupa teh gonda yang merupakan salah satu jenis sayuran yang tumbuh subur di persawahan Desa Wisata Bongan. Dengan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, sayur gonda diolah menjadi teh yang menjadi daya tarik sendiri bagi orang lain. Namun sangat disayangkan potensi wisata yang bergitu beragam tersebut belum diketahui secara luas oleh publik. Saat ini potensi-potensi tersebut hanya

dinikmati oleh masyarakat Desa Wisata Bongan dan masyarakat di sekitar. Hasil observasi menunjukkan bahwa pengelola Desa Wisata Bongan belum memanfaatkan platform digital secara maksimal untuk keperluan pemasaran potensi maupun aktifitas wisata yang terdapat di desa tersebut. Dengan perkembangan teknologi yang sangat massif dan cepat, dunia dan kehidupan masyarakat di dalamnya telah mengalami pergeseran ke dunia digital dengan memanfaatkan internet. Penggunaan internet, termasuk di dalam situs pencarian, situs web, dan media social telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Hingga Bulan Januari tahun 2020, 64% penduduk Indonesia atau sekitar 175.4 juta penduduk Indonesia sudah terhubung ke internet (Kumparan, 2020). Pengguna internet di Indonesia berusia antara 16 tahun hingga 64 tahun yang menghabiskan waktu lebih dari 7 jam untuk menjelajah di internet, khususnya media social, seperti Facebook dan Instagram. Melihat banyaknya pengguna internet di dunia, khususnya di Indonesia, maka tidak mengherankan jika internet telah menjadi sarana pemasaran produk dan jasa yang banyak digunakan oleh pengusaha besar hingga UMKM. Pemasaran melalui internet ini lebih dikenal dengan nama digital marketing atau pemanfaatan teknologi digital dalam proses pemasaran suatu produk (Rachmawati, 2018). Penggunaan internet untuk membantu proses pemasaran sebuah produk atau jasa dimaksudkan untuk meraih pasar yang lebih luas. Dalam melakukan digital marketing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan salah satunya adalah information access (Hidayah, 2018). Information access adalah informasi yang diberikan kepada public jelas dan menggambarkan produk dan pelayanan yang ditawarkan. Ini berlaku juga dalam pemasaran sebuah destinasi wisata atau aktifitas wisata dimana kegiatan atau paket wisata perlu dideskripsikan dengan jelas. Melihat hal tersebut, maka penting bagi pengelola Desa Wisata Bongan untuk memiliki keterampilan dalam mendeksripsikan potensi, paket wisata, produk, atau layanan yang ada di Desa Wisata Bongan dengan baik.
Politeknik Internasional Bali sebagai salah satu perguruan tinggi di

Kabupaten Tabanan memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan pelatihan bagi pengelola Desa Wisata Bongan untuk meningkatkan keterampilan dan mendeskripsikan produk dan layanan dimiliki untuk dapat memasarkannya secara digital di website, facebook, Instagram dan youtube. Tanggung jawab ini sesuai dengan UU RI No. 20 Tahun 2003 pasal 20 ayat 2 yang menyatakan bahwa setiap perguruan tinggi wajib melakukan Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan

pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan guna memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dilaksanakan oleh dosen yang bernaung di bawah perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi memiliki kewenangan tersendiri dalam mengatur dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Ini sesuai dengan UU RI No. 20 Tahun 2003 pasal 24 ayat 2.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Wisata Bongan ini dilakukan pada tanggal 26 Oktober – 14 November 2020 dan menjadi kesempatan bagi dosen untuk menerapkan ilmu yang dimiliki serta membaginya dengan masyarakat sekitar untuk membantu pengembangan Desa Wisata Bongan. akun sosmed Desa Wisata Bongan yang sudah tersetting:

IG: @bongan_manis

FB Fanspage: Desa Wisata Bongan Manis @dewibonganmanis

Youtube Channel: Bongan Manis