Politeknik Internasional Bali sebagai kampus tourismpreneurship pertama di Indonesia untuk kedua kalinya ditunjuk oleh KEMENPAREKRAF sebagai pendamping desa wisata Bongan, Tabanan.

Pada tahun 2020 lalu PIB ditunjuk untuk mendampingi dalam hal pengelolaan desa wisata dan di tahun 2022 ini fokus pendampingan. Pendampingan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM desa wisata Bongan dalam mengelola homestay dan mengembangkan produk unggulan berbahan dasar gonda. Desa Bongan adalah salah satu desa yang ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2018. Usia desa yang tergolong muda membuat Desa Bongan membutuhkan pendampingan untuk bisa menjadi desa wisata yang berkembang dan mandiri. Hingga saat ini, Desa Bongan fokus dalam mengembangkan akomodasi wisata homestay dan produk oleh-oleh berbahan utama gonda karena sebagian besar masyarakat Bongan adalah petani penghasil gonda.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama 15 hari mulai tanggal 4-18 Febuari 2022 secara langsung di desa wisata Bongan dan diikuti oleh pemilik homestay dan ibu-ibu PKK maupun penggiat kuliner di desa Bongan. Dalam kegiatan ini PIB bekerja sama dengan beberapa mitra seperti IDB Bali, IPBI, Forkom Dewi, Sasa, dan beberapa pakar dibidang pariwisata.
Pendampingan SDM desa wisata Bongan yang diselenggarakan oleh Politeknik Internasional Bali dengan topik pendampingan pengelolaan homestay yg diselenggarakan tanggal 7 Febuari 2022 berlokasi di Ganesh Homestay, desa Bongan. Kegiatan dibuka oleh ketua LPPM PIB Dinar Sukma Pramesti,S.T.,M.T, mendatangkan beberapa narasumber yang ahli dibidangnya. Ada Dr.Narotama @nararyavajranarottama yg membawakan mengenai peluang usaha homestay, ada Dr.Dewa Oka yang membawakan mengenai pengelolaan dan legalitas homestay, ada juga ketua forkom dewi Bapak Mendra yang sharing mengenai pengelolaan homestay. Tak kalah dari narasumber-narasumber tersebut, ada juga dosen-dosen PIB yaitu Dr.Wahyuni yg membawakan mengenai aktivitas dan perencanaan paket homestay, ibu Nelsye mengenai CHSE homestay dan Bapak Ketut wibawa dan Chef instruktur PIB yaitu Chef Bobby yang memberikan pelatihan memasak menu breakfast,lunch and dinner.

Hari kedua pendampingan pengelolaan homestay desa Bongan yang merupakan program KEMENPAREKRAF dan Politeknik Internasional Bali, diselenggarakan di Ganesh Homestay dengan menampilkan narasumber luar PIB yaitu dari IPB Internasional ada ibu IGA Melistyari Dewi SST.Par.,M.Par.,CHE @melistyari yang membawakan mengenai pelatihan tata graha dan tips membuat bahan pembersih yang aman dan mudah didapat, ada juga Ibu A.A.A Arun Suwi Arianty,SST.Par.,M.Par.,M.Rench dan Ibu Komang Ratih Tunjungsari,S.I.P., M.Par.,M.Rech.CHE yang membawakan materi terkait pemasaran offline. Ada juga ibu Astri yang mengajarkan membuat minuman signature khas Bongan. Selain itu, IDB Bali juga ikut berkolaborasi. Ada bapak Dion Eko Prihandono,S.T.,M.SC dan team yang memberikan pelatihan mengenai tata ruang homestay. Pelatihan homestay di tutup dengan materi pemasaran online yang dibawakann oleh dosen PIB ibu Dwi Novita C P, S.I.P.,M.B.A.,M.A.

Selain pendampingan pengelolaan homestay, Politeknik Internasional Bali juga menggelar pendampingan pengembangan produk kuliner berbahan dasar lokal pada tanggal 7 Febuari 2022 yang berlokasi di Ganesh homestay Bongan. Kegiatan ini diikuti oleh ibu ibu PKK dan penggiat kuliner yg ada di Bongan. Adapyn kegiatan pendampingan meliputi sosialisasi pengurusan ijin usaha yang dibawakan oleh dosen PIB yaitu ibu Ari Agustini yang merupakan dosen sekaligus pelaku usaha. Ada juga materi dari dosen kita bapak Victor yang sudah lama berkecimpung di dunia industri. Kegiatan ini ditutup dengan pelatihan pengolahan gonda menjadi produk roti gonda dan cookies gonda yang dibawakan oleh chef Esther